Advertisement

Responsive Advertisement

KAFAN TERBAIK BAGI JENAZAH

Dalam naluri diri manusia, tersimpan sebuah perasaan selalu menginginkan hal yang terbaik dalam kehidupannya.

Hal tersebut tidak terlepas dari adanya perasaan yang terbesit tersimpan rapi di dalam diri setiap manusia bahwa jika sesuatu yang mereka peroleh tidak sempurna, selalu merasa kurang dan tidak memuaskan. 

Bahkan dalam masalah pakaiaanpun manusia selalu menginginkan penampilan yang terbaik. baik penampilan dengan segala sandangan yang menarik, maupun penampilan dengan sandangan yang mahal.

Bagi sebagian orang, sandangan terbaik bagi mereka adalah sandangan yang mampu membuat diri mereka menjadi seseorang yang menarik dan laik dipandang orang lain. dan hal tersebut tanpa memandang pakaian dengan kualitas mahal.

Jika di perhatikan, sandangan dengan kualitas mahalpun pada hakikatnya akan mereka tinggalkan di dunia ini, sebab, ketika di masanya mereka menghadap kehariban Tuhannya, tidak ada satupun harta pakaian yang akan mereka bawa kecuali 2-5 lembar kain berwarna putih yang disebut dengan kain kafan. semua sama, dan yang membedakan bahwa mereka menarik atau tidak adalah dengan amal selama hidupnya.

Namun demikian,
kain kafan yang digunakan untuk mengkafani jenazahpun harus berupa kain yang terbaik. dan terbaik di sini bukan memilih kain yang paling mahal, akan tetapi kain yang berwarna putih sekaligus bersih.

Sebab, rosulullahpun dalam masalah kain kafan saja sangat menganjurkan untuk memilih kain yang baik, yaitu dengan kriteria sebagaimana dalam haditnya.
و عن جابر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: إذا كفن أحدكم أخاه فليحسن كفنه. رواه مسلم
Dari Jabir ra berkata: rosulullah saw bersabda; jika salah satu diantara kalian mengkafani jenazah saudara sesama diantara kalian, maka perbaiklah kafan yang digunakan, H.R Muslim.
Dalam hadits tersebut, kafan yang baik adalah kafan yang berwarna putih dan bersih. dan bukan kafan yang mahal. sebab nabi sangat menganjurkan untuk tidak menggunakan kain kafal yang memiliki harga mahal. 

Sebab bagaimanapun dan semahal apapun kain kafan, ketika sudah memasuki liang lahadpun akan basah dalam jangka waktu yang cepat. hal tersebut sebagaimana yang dikatakan imam ali
وعن علي رضي الله عنه قال: سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول: لا تغالوا فى الكفن فإنه يسلب سريعا. رواه أبو داود
Dari Imam Ali ra berkata: aku mendengar nabi saw bersabda: janganlah kalian memilih kain kafan dengan harga termahal, sebab kain kafan tersebut tetap saja akan basah ketika berada di liang lahad.
Demikian ulasan terkait kain kafan terbaik yang akan menghantarkan jenazah menuju kehariban Tuhannya.

Referensi:

  • Ibnu Hajar al-Atsqolaniy, Bulughul Marom, Maktabah al-Imaroh, hal 117. 

Posting Komentar

0 Komentar