Dunia pendidikan pada era industri 4.0 tampaknya telah mengalami pertunasan yang cukup pesat. baik dalam tingkat pemula, menengah maupun keatas.
salah satu lini bahasan yang menjadi trending topic tidak lain adalah pembelajaran kemampuan berbahasa Arab yang meliputi maharah istima (mendengar), maharah kalam (berbicara), maharah qiro'ah (membaca), dan maharah kitabah (menulis).
bahkan dalam kenyataan praktiknya, para pentrasfer keilmuan bahasa berlomba-lomba dalam menghadirkan formula pembelajaran yang tepat yang dapat mencakup taraf 4 kemampuan bahasa terutama untuk tingkat pemula. di mana, unsur-unsur yang dihadirkan dalam pembelajaran berbahasa tersebut mencoba menilik sekian banyak point yang pas dan padat menempati setiap ruangnya.
diantara berbagai unsur pembelajaran kemampuan berbahasa yang dapat dilakukan bagi pelajar tingkat pemula adalah sebagai berikut:
1. maharah istima (mendengar)
- mengenal setiap unsur bunyi dalam bahasa arab dan perbedaan setiap bunyi yang memiliki makna tertentu
- memahami setiap perkataan dalam bahasa arab yang disampaikan penutur melalui interkoneksi pengetahuan mufrodat atau kosa kata yang dimiliki oleh seorang pelajar.
- menentukan gagasan utama ataupun gagasan pendukung dari setiapn ujaran yang didengar
- menganalisa setiap bentuk harokat yang disuarakan oleh penutur. sebab panjang pendek harokat juga menentukan makna yang berbeda
- menganalisa bunyi atau suraa tasydid maupun tanwin
- menganalisa hubungan antara simbol bunyi dan simbol tertulis
- membedakan setiap huruf yang memeiliki kedekatan dan kemiripan dalam pelafalan2.
- mengucapkan huruf hijaiyah sesuai karakteristik bunyinya atau dalam hal ini berkaitan dengan makhorijul huruf
- membedakan setiap pelafalan huruf-huruf yahng berdekatan bunyinya
- mengucapkan harokat panjang dan harokat pendek
- melafalkan huruf yang saling berdekatan dalam hal suara dengan benar
- menggunakan mimik wajah atau gerak tubuh yang sejalan dengan makna huruf yang dilafalkan
- membaca teks bahasa arab dari kanan ke kiri
- menginterkoneksikan simbol tertulis dengan simbol suara dari huruf yang dibaca
- mengenal huruf-huruf hijaiyah
- menganalisa setiap bentuk kalimat dengan cara memperhatikan setiap jenis suara hurufnya
- menuliskan setiap huruf hijaiyah yang dilihat dari papan tulis maupun kertas khat
- menganalisa cara menuliskan setiap huruf hijaiyah baik di awal kalimat, di tengah kalimat, ataupun di akhir kalimat
- menulsikan huruf hijaiyah dari kanan ke kiri
- dan lain-lain
demikian beberapa unsur bahasa yang dapat dipraktikkan bagi para pemula pembelajaran bahasa arab. dimulai dari mengenal, mengetahui, menganalisa, dan mempraktikan
Referensi:
- Rusydi Ahmad Thuai'mah, Al Mahaaraat Al-Lughawiyah: Mustawiyaatuhaa, Tadriisuhaa, shu'uubatuhaa, (Al-Qoohirah, Daar Al-Fikr Al-Arabiy: 2004 M), Hal. 95-98
0 Komentar