Advertisement

Responsive Advertisement

TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA SOAL

TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA SOAL


salah satu perangkat pendidikan dan pembelajaran adalah dilaksanakannya evaluasi. baik itu evaluasi harian, mingguan, atau bahkan evaluasi tahunan alias evaluasi akhir tahun.
evaluasi memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah agenda atau kegiatan. hal itu dilakukan agar seseorang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan mengetahui sampai mana batas keberhasilan pembelajaran yang sudah dilakukan. oleh karena itu seseorang memiliki kebutuhan akan sebuah evaluasi.
evaluasi dalam pembelajaran pun juga memiliki cara. salah satu diantaranya adalah adanya evaluasi tes. dalam hal ini, tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan seorangg guru atau siswa dengan dimanuskripkan dalam bentuk angka.
namun apakah sejauh tes hanya cukup untuk memenuhi keberhasilan pengukuran tingkat keberhasilan siswa ataupun guru?
tentu tidak....

sebab masih ada tahap lain yang perlu diperhatikan oleh seorang guru, yaitu menentukan tingkat kesukaran dan daya beda sebuah soal. hal itu agar pelaksanaan ujian yang dilaksanakan dengan soal, akan dapat mengetahu kesukaran sebuah soal dan juga daya pembeda. jika ternyata hasilnya kurang diinginkan, berarti sebuah soal membutuhkan perbaikan atau bahkan penggantian.

untuk sekedar menelisik kesukaran soal dan daya beda, dapat diperhatikan beberapa contoh di bawah ini:
HASIL JAWABAN SISWA


KELAS ATAS DAN KELAS BAWAH


TINGKAT KESUKARAN SOAL

DAYA BEDA SOAL

Posting Komentar

0 Komentar