Advertisement

Responsive Advertisement

DESA KAJIAN LINGUISTIK MODERN STRUKTURALIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

BAB I
PENDAHULUAN




A.    Latar Belakang
Gagasan-gagasan linguistik modern dewasa ini nampaknya sangat hangat untuk diperbincangkan dalam panggung-panggung konferensi. Kehadirannya telah memberikan angin segar bagi para pegiat bahasa maupun pendidikan. Bukan tanpa sebab, linguistik telah memberikan sumbangsihnya dalam mengurai segala aspek materi kebahasaan. Hal itu telah nampak dengan adanya pelangi desa kajian linguistik diberbagai lini bahasan. Sehingga wujud panggung-panggung tersebut sangat layak untuk diapresiasi, terutama dalam hal aplikasinya terhadap dunia pengajaran bahasa kedua.
sumber gambar klik 
Salah satu pelangi desa kajian linguistik modern yang terkenal dewasa ini adalah Strukturalisme. Desa strukturalisme mencoba menghadirkan kacamata bahasa yang menekan aspek behaviorisme serta memandang bahwa bahasa diperoleh sebab adanya faktor pemicu atau latihan yang bersifat kontinu. Gagasan dalam desa strukturalisme telah diperbincangkan secara dalam oleh bapak pertama kajian tersebut, kita kenal dengan pakar linguistik Ferdinand De Saussure. Kajian yang di gagas Ferdinand, tidaklah stuck pada posisinya, melainkan tumbuhlah benih-benih linguistik baru yang mencoba men-cover kembali desa strukturalis sehingga menjadi lebih berwarna. Dialah Leonard Bloomfield, yang mengkaji ranah linguistik dari lini distribusi unsur-unsur dalam bahasa.
Sebagaimana yang telah disinggung di atas, nampaknya desa kajian linguistik sangat menarik untuk diterapkan dalam dunia pengajaran bahasa asing. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka mengajarkan bahasa tersebut, namun tidak terlepas dalam frame linguistik. Sebab linguistik sendiri memiliki hubungan harmonis dalam dunia bahasa. Makalah ini mencoba menghadirkan fenomena pengajaran bahasa Arab dalam ranah linguistik strukturalis.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa esensi yang ada dalam frame desa kajian linguistik modern strukturalis?
2. Mengapa desa kajian linguistik modern strukturalis memiliki urgensitas dalam pembelajaran bahasa Arab?
3.     Bagaimana aplikasi linguistik modern strukturalis dalam pembelajaran bahasa Arab?



anda tertarik untuk membaca lebih lanjut, klik tautan di bawah ini



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Sama-sama.
    Doakan agar lebih dapat menuangkan wawasan secara istiqomah.

    Sekaligus berganti domain..

    Matur suwun kunjungannya

    BalasHapus