(KAANA DAN SAUDARA-SAUDARANYA)
Macam-Macam Amil
وَهِيَ
ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ كَانَ وَأَخَوَاتُهَا وَإِنَّ وَأَخَوَاتُهَا وَظَنَنْتُ
وَأَخَوَاتُهَا
- MACAM-MACAM AMIL YANG MASUK PADA SUSUNAN MUBTADA KHABAR
Amil yang masuk pada susunan Mubtada dan Khabar ada 3, yaitu:
- Kaana dan Saudara-Saudaranya (كَانَ وَأَخَوَاتُهَا)
- Inna dan Saudara-Saudaranya (إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا)
- Dhonna dan Saudara-Saudaranya (ظَنَنْتُ وَأَخَوَاتُهَا)
KAANA DAN SAUDARA-SAUDARANYA
- FUNGSI KAANA DAN SAUDARA-SAUDARANYA
فَأَمَّا كَانَ وَأَخَوَاتُهَا, فَإِنَّهَا تَرْفَعُ اَلِاسْمَ, وَتَنْصِبُ اَلْخَبَرَ
Fungsi dari
Kaana dan Saudara-Saudaranya (كَانَ وَأَخَوَاتُهَا)
adalah “Merafakan Isim dan Menashabkan Khabar”
Contoh:
كاَنَ زَيْدٌ قَائِماً
- SAUDARA-SAUDARA KAANA
وَهِيَ كَانَ, وَأَمْسَى, وَأَصْبَحَ, وَأَضْحَى, وَظَلَّ, وَبَاتَ, وَصَارَ, وَلَيْسَ, وَمَا زَالَ, وَمَا اِنْفَكَّ, وَمَا فَتِئَ, وَمَا بَرِحَ, وَمَا دَامَ, وَمَا تَصَرَّفَ مِنْهَا نَحْوَ كَانَ, وَيَكُونُ, وَكُنْ, وَأَصْبَحَ وَيُصْبِحُ وَأَصْبِحْ, تَقُولُ "كَانَ زَيْدٌ قَائِمًا, وَلَيْسَ عَمْرٌو شَاخِصًا" وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ
Kaana dan Saudara-Saudaranya (كَانَ وَأَخَوَاتُهَا)
adalah sebagai berikut:- كَان
- أمْسَىى
- أصْبَحَ
- ظَلَّ
- باتَ
- صَارَ
- لَيْسَ
- مَا زَالَ
- ما اِنْفَكَّ
- مَا فَتِئَ
- مَا بَرِحَ
- مَا دَامَ
- PENGGUNAAN KAANA DAN SAUDARA-SAUDARANYA
كَانَ || digunakan untuk menunjukkan sesuatu
yang sudah terjadi dimasa lalu, contoh: كَانَ زَيْدٌ قَائِمًا (Zaid telah berdiri)
أَمْسَى || digunakan untuk
menunjukkan waktu sore hari, contoh: أَمْسَى اَلْمُدَرِّسُ رَاجِعًا
مَنَ اْلمَدْرَسَةِ (seorang guru pulang dari sekolah di sore hari)
أَصْبَحَ || digunakan untuk
menunjukkan waktu pagi hari, contoh: أَصْبَحَ التِّلْمِيْذُ نَشِيْطًا
فَى اْلمَدْرَسَةَ (murid-murid
sangat semangat disekolah di waktu pagi hari)
ظَلَّ || digunakan untuk
menunjukkan waktu siang hari, contoh: ظَلَّ الْحَارِسُ حاَرِسًا
فَى الْمَدْرَسَةَ (seorang satpam berjaga di sekolah di waktu siang hari)
بَاتَ ||
digunakan untuk menunjukkan waktu malam hari, contoh: بَاتَ زَيْدٌ نَائِمٌا (zaid tidur di
malam hari)
صَارَ || digunakan untuk
menunjukkan perubahan, contoh: صَارَ زَيْدٌ مُدَرِّسًا (zaid menjadi
seorang guru)
لَيْسَ || digunakan untuk
menunjukkan makna penafian, contoh: لَيْسَ النَّجَاحُ سَهْلًا (kesuksesan
tidaklah mudah
مَا زَالَ || digunakan untuk
menunjukkan sesuatu yang terus-menerus, contoh: مَا زَالَ الْحَارِسُ وَاقِفًا (satpam itu selalu berdiri)
مَا اِنْفَكَّ || digunakan untuk
menunjukkan sesuatu yang terus-menerus, contoh: مَا انْفَكَّ الْحَارِسُ وَاقِفًا (satpam itu selalu berdiri)
مَا فَتِئَ || digunakan untuk
menunjukkan sesuatu yang terus-menerus, contoh: مَا فَتِئَ الْحَارِسُ وَاقِفًا (satpam itu selalu berdiri)
مَا بَرِحَ || digunakan untuk
menunjukkan sesuatu yang terus-menerus, contoh: مَا بَرِحَ الْحَارِسُ وَاقِفًا (satpam itu selalu berdiri)
مَا دَامَ || digunakan untuk
menunjukkan makna massa, seperti: تَعَلَّمْ مَادُمْتَ حَيَّا (belajarlah
selagi kamu masih hidup)
lihat penjelasan selengkapnya di youtube:
0 Komentar