Advertisement

Responsive Advertisement

BAHASA ARAB DAN SENDI-SENDI RUH ISLAM

BAHASA ARAB DAN SENDI-SENDI RUH ISLAM
Restu Budiansyah Rizki
Setiap hari, Umat muslim dalam kurun waktu kurang lebih 5 kali menggunakan bahasa arab secara full. Hal tersebut karena memang seluruh umat muslim menggunakan bahasa arab di dalam melakukan sholat. dari mulai awal niat, takbirotul ikhram, dan sampai tasyahud akhir. Bahkan bahasa arab yang tertuang di dalam Al-Qur'an telah menjadi satu makanan pokok umat islam. Apalagi Ruh-ruh Keislaman itu sendiri telah termaktub sampai akhir zaman sebagai salah satu pedoman umat muslim di dalam mengarungi perhelatan kehidupan di alam dunia ini. 

Bahasa arab yang digaungkan hingga saat ini, telah memunculkan penaksiran terhadap jumlah pemakai bahasa arab itu sendiri. hingga muncullah penaksiran bahwa jumlah pemakai bahasa arab di dunia kurang lebih 200 juta yang tersebar di 20 negara, seperti: Mauritania, Aljazair, Libya, Mesir, Sudan, Maroko, Oman, Yaman, Bahrain, Kuwait, Saudi, Qatar, UEA, Jordan, Irak, Syiria, Libanon, dan Plestina. (menurut Ghazawi dalam Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya).

Jumlah tersebutpun akan semakin bertambah seiring bertambahnya populasi umat Islam apalagi ditambah umat non muslim yang juga menggunakan bahasa arab untuk sebuah komunikasi.

Salah satu sederet mumayyizat yang telah memposisikan bahasa arab sebagai bahasa yang sangat popular, unity, dan berkesan waaww (Amazing) adalah

اللغة العربية من أوسع اللغة و أغناها و أدقها تصويرا

Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang paling luas (penggunaannya), bahasa yang paling kaya (kosakata-nya), bahasa paling dalam nalarnya. 
sementara dalam kalam yang lain, Abdul Hamid Yahya dalam AlHasyimiy (1354 H: 4) berkata: aku mendengar Syu'bah: "pelajarilah bahasa arab, karena bahasa arab akan menambah tajam daya nalar. atau dalam bahasa otentiknya disebutkan:
تعلموا اللغة العربية فإنها تزيد العقل


Kedudukan istimewa bahasa arab dibandingkan bahasa-bahasa yang lain di seluruh pelosok bumi ini karena memang bahasa arab berfungsi sebagai bahasa al-Qur'an dan as-Sunnah serta beberapa kitab yang lain. itulah yang menjadi sebab dari kitab Faid al-Qadir Syarh al-Jami' Al-Saghir dari Ibnu Abbas  Riwayat Muslim, Rosulullah pernah bersabda:

أحب العرب لثلاث: لأني عربي و القرأن عربي و كلام أهل الجنة عربي

Di sisi lain, sahabat Umar bin Khattab juga pernah berkata: "Hendaklah kamu sekalian tamak untuk mempelajari bahasa arab karena bahasa arab itu merupakan bagian dari agamamu.

أحرصوا على تعلم اللغة العربية فإنها جزء من دينكم

"Plejararilah bahasa arab, karena sesungguhnya bahasa arab merupakan bagian dari agamamu (Islam).

Oleh karena itu, bagi setiap insan yang ingin mempelajari Islam, hendaknya harus mempelajari bahasa arab, sebab bahasa arab adalah:

اللغة العربية هي لغة العروبة و الإسلام

Posting Komentar

0 Komentar